
Program Studi Administrasi Rumah Sakit Universitas ‘Aisyiyah Surakarta menghadirkan Ibu dr. Shella Vina Putri, MARS., seorang Surveyor Akreditasi Rumah Sakit (LARSI) dan ASN Case Manager RSUD Brebes, sebagai pembicara utama dalam kuliah pakar pada hari Jum’at, 10 Januari 2025 dengan tema “Optimalisasi Branding dan Digital Marketing Rumah Sakit: Meningkatkan Kualitas Pelayanan dan Daya Saing”. Acara ini berlangsung secara virtual dengan melalui Zoom Meeting dan dihadiri oleh mahasiswa, praktisi rumah sakit, serta masyarakat umum. Dalam sambutannya, Ketua Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit. Ibu Asti Nurhayati, S.ST., M.M.R., menyampaikan bahwa pengadaan kuliah pakar ini adalah bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa dan praktisi mengenai strategi digital marketing yang efektif dalam meningkatkan citra sekaligus daya saing rumah sakit.
Shella Vina Putri, MARS., menjelaskan lebih lanjut mengenai transformasi branding di era industri 5.0. Dimana yang pada awalnya berkonsep konvensional menjadi digital menyesuaikan perkembangan teknologi atau lebih dikenal dengan digital marketing. Digital marketing kini telah menjadi syarat wajib dalam akreditasi rumah sakit. Selain itu, digital marketing juga dapat membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap layanan rumah sakit, membangun citra positif, sehingga dapat menciptakan loyalitas pasien. Disisi lain, untuk tenaga kesehatan (nakes), digital marketing dapat digunakan sebagai personal branding. dimana memungkinkan mereka dalam memperluas peluang profesionalitas serta penyampaian edukasi kesehatan kepada masyarakat dengan mudah dan cepat. Dari materi yang telah disampaikan dapat digarisbawahi bahwa dalam digital marketing memerlukan langkah strategis, baik meliputi analisis target pasar, pembuatan konten yang relevan dan menarik, serta penggunaan media sosial secara optimal. Selain itu juga ditekankan mengenai pentingnya memahami brand positioning, konsistensi konten, dan evaluasi performa dalam mengukur keberhasilan.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab interaktif pembicara dengan peserta yang membahas lebih lanjut terkait personal branding, strategi dalam branding rumah sakit, serta tolak ukur keberhasilan dari digital marketing. Kuliah pakar ini diharapkan dapat memberikan wawasan tambahan bagi mahasiswa dan praktisi rumah sakit dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan daya saing di era serba digital ini.