Edaran Kampus Terkait Pandemi Covid-19

By 11 Agu 2020, 09:52:26 WIBPengumuman

Edaran Kampus Terkait Pandemi Covid-19

Keterangan Gambar :


Sehubungan dengan diberlakukannya status Kejadian Luar Biasa (KLB) virus Covid-19 di wilayah Kota Surakarta, Universitas Aisyiyah Surakarta merespon cepat dengan disegerakannya pemberlakuan himbauan-himbauan penting terkait penanganan dan pencegahan meluasnya pandemik virus corona kepada seluruh civitas akademika.

Virus covid-19 atau yang biasa disebut dengan virus corona tersebut muncul pertama kali di daerah negeri Tiongkok, Wuhan. Kemudian secara bertahap mulai menyebar ke negara-negara sekitar yakni Asia sampai dengan Eropa. Dikarenakan pemberitaan terkait wabah virus corona yang semakin meluas, baik di media cetak, elektronik, maupun di jejaring sosial, maka Kampus segera mengambil langkah penting guna menangkal persebaran dan mencegah seluruh warga kampus dari paparan virus Covid-19. Himbauan tersebut disampailkan secara tertulis oleh pimpinan STIKES Aisyiyah Surakarta (sebelum alih bentuk menjadi Universitas Aisyiyah Surakarta) Ibu Riyani Wulandari, S.Kep, Ns, M.Kep tertanggal 13 Maret 2020.

Point pertama yakni memberlakukan perkuliahan mahasiswa secara daring (Dalam Jaringan) atau online. Guna membatasi aktifitas yang mengundang interaksi orang banyak. menangguhkan perjalanan ke luar negeri untuk sementara waktu. Kemudian memberlakukan pola hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. Secara aktif melakukan upaya kewaspadaan, baik dengan menjaga kebersihan maupun dengan selalu update informasi terkait perkembangan virus covid-19 tersebut. Selain itu dihimbau untuk selalu menyampaikan informasi yang benar dan menjauhi berita bohong/hoaks. Serta menghimbau setiap unit yang ada di kampus untuk menjaga kebersihan di setiap fasilitas/tempat disekitarnya. Terutama pada ruang rapat, gagang pintu, gagang jendela, dan lain sebagainya. Hal ini tentu telah disesuaikan sesuai dengan standar WHO (World Health Organization).

PERKULIAHAN ONLINE UNIVERSITAS AISYIYAH SURAKARTA DIPERPANJANG

Secara resmi, masa perkuliahan daring (dalam jaringan) atau perkuliahan online di Universitas Aisyiyah Surakarta diperpanjang. Hal ini sebagai imbas dari belum meredanya kasus persebaran dan penularan virus covid-19 khususnya di wilayah Surakarta dan Jawa Tengah. Sebagaimana instruksi yang telah disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah dan walikota Surakarta, bahwa masa tanggap darurat covid-19 diperpanjang hingga 29 Mei 2020.

Maka dari itu sebagai salah satu institusi pendidikan yang berada di kota Surakarta, Universitas Aisyiyah Surkarta kembali menyampaikan informasi terkait perpanjangan masa kuliah online bagi dosen dan mahasiswa. Keputusan ini diambil sebagai langkah preventif untuk membantu pemerintah dan masyarakat pada umumnya dalam mencegah penyebaran virus corona semakin meluas. Khususnya di wilayah lingkup kampus Universitas Aisyiyah Surakarta.

Penetapan perpanjangan tersebut disampaikan secara tertulis oleh ibu Riyani Wulandari, S.Kep., Ns., M.Kep melalui edaran pengumuman dengan Nomor : 0003/A.1-AK/EDR/2020 yang juga dibagikan secara daring kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan seluruh keluarga besar kampus Universitas Aisyiyah Surakarta. Dalam pengumuman tersebut, tercata bahwa masa perkuliahan secara daring diperpanjang mulia tanggal 30 Maret 2020 sampai dengan 13 April 2020. Dimana dihimbau kepada tiap-tiap program studi untuk wajib memonitoring dan mengevaluasi setiap proses perkuliahan tersebut.

Selain himbauan diatas, Universitas Aisyiyah Surakarta juga aktif dalam membagikan update kegiatan yang berkaitan dengan tindakan pencegahan penularan virus covid-19. Facebook, Instagram, dan Twitter adalah beberapa media sosial (medsos) yang digunakan untuk penyebarluasan informasi tersebut.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment