Kuliah Pakar Prodi Kebidanan “Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan Thibbun Nabawi di Era Pandemi Cov

By Administrators 23 Feb 2021, 09:40:58 WIBAkademik

Kuliah Pakar Prodi Kebidanan “Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan Thibbun Nabawi di Era Pandemi Cov

Keterangan Gambar : Narasumber, Ibu Ira Syahriarti, Sp.OG.


Pada 16 Februari 2021, bertempat secara online melalui media Zoom meeting, telah digelar Kuliah Pakar oleh Program Studi Diploma III Kebidanan, S1 Kebidanan, dan Pendidikan Profesi Bidan dari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Surakarta dengan mengambil Tema “Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dengan Thibbun Nabawi di Era Pandemi Covid-19”. Kegiatan kuliah pakar tersebut dibuka dan dimoderatori oleh Ibu Rita Riyanti, SST. M.Kes yang merupakan dosen Program Studi S1 Kebidanan.

Sambutan disampaikan oelh Ibu Endang, SST, M.Keb selaku Kaprodi Kebidanan Universitas Aisyiyah Surakarta. Pada sambutan pertamanya beliau mengingatkan kembali bahwa mulai tahun 2020 yang lalu Universitas Aisyiyah Surakarta sudah tidak membuka penerimaan dari Program Studi DIII Kebidanan dikarenakan arahan dari Lam-PTKes, Ristekdikti, dan dari Kemenkes meminta untuk fokus di Program Sarjana S1 Kebidanan dan Profesi Bidan, memngingat standar lulusan yang dibutuhkan dimasa mendatang yaitu minimal adalah bergelar Profesi Bidan. Kemudian beliau juga memaparkan sedikit tentang sejarah berdirinya Universitas Aisyiyah Surakarta mulai dari Sekolah Bidan Aisyiyah tahun 1966 hingga alih bentuk di tahun 2020. Selain itu juga menekankan kembali kepada mahasiswa tentang ilmu-ilmu atau konsep tentang thibbun nabawi bahwasanya thibbun nabawi sebagai implementasi ilmu kesehatan berdasarkan Al-Quran dan Sunnah.

 

Mahasiswa kebidanan sebagai para calon bidan, diperlukan tambahan pengetahuan dan wawasan tentang pembaharuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan ibu dan bayinya. Penemuan-penemuan akan inovasi baru, atau penggunaan ilmu yang telah ada sebelumnya, tetapi belum diketahui banyak orang untuk kepentingan manusia. Salah satunya adalah penggunaan tibbun nabawi. Lalu Ibu Endang juga menyampaikan sosialisasi visi dan misi Program Studi S1 Kebidanan Universitas Aisyiyah Surakarta. Bahwa kegiatan kuliah pakar ini merupakan agenda rutin setiap semesternya yang diadakan oleh bagian akademik program studi. Karena merupakan salah satu bagian penting dari visi misi Program Studi S1 Kebidanan. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, suasana akademik di prodi S1 Bidan dan Profesi Bidan.

 

Selanjutnya ialah pembicara inti dalam kuliah pakar tersebut, yakni Dokter Ira Syahriarti, Sp.OG dari Rumah Sakit Kasih Ibu Surakarta. Beliau memberikan gambaran tentang bagaimana ibu hamil menghadapi masa pandemi, tips-tips dalam menjaga kesehatan ibu hamil. Hal pertama yang beliau sampaikan adalah tentang gejala-gejala yang timbul ketika sesorang terjangkit virus covid-19, kemudian adalah tentang cara bagaimana menjaga imunitas tubuh bagi ibu hamil. Susai pemaparan dari pemateri dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Mahasiswa dan dosen yang hadir dalam ruang zoom tersebut nampak aktif dalam memberikan pertanyaan-pertanyaan terkait kesehatan ibu hamil dimasa pandemi covid-19.

aaa



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Seberapa Efektifkah Pencegahan COVID-19 Di Indonesia menurut anda ?
  Sangat Efektif
  Cukup Efektif
  Efektif
  Tidak Efektif
  Sangat Tidak Efektif

Komentar Terakhir

  • foto biodata

    cara pandang islam dalam melihat segala hal ...

    View Article
  • status fb

    Sebagai bentuk rasa kepedulian dan kemanusian ...

    View Article
  • drop ship

    I am regular reader, how are you everybody? This post posted at this website is ...

    View Article
  • Blaine

    If some one desires to be updated with most recent technologies after that he must ...

    View Article