Kuliah Pakar S1 Keperawatan 25 Agustus 2020

By Administrators 15 Sep 2020, 08:33:32 WIBAkademik

Kuliah Pakar S1 Keperawatan 25 Agustus 2020

Keterangan Gambar : Foto bersama Dosen S1 Keperawatan dengan Pembicara


KULIAH PAKAR PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN DENGAN TEMA “PERAN LEMBAGA PENANGGULANGAN BENCANA (LPB) DALAM MENGHADAPI COVID 19  DI ERA NEW NORMAL"

Universitas ‘Aisyiyah Surakarta merupakan institusi pendidikan yang memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah yang unggul dalam bidang kesehatan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah dan kompetitif di tingkat nasional tahun 2022”. Terkait dengan visi tersebut maka salah satu prodi yang ada di STIKES ‘Aisyiyah Surakarta yaitu Prodi Sarjana Keperawatan yang memiliki visi mewujudkan Program Studi Ners yang unggul dalam bidang manajemen bencana untuk menghasilkan sumber daya manusia professional, berakhlakul karimah dan kompetitif di tingkat nasional pada tahun 2022. Untuk menindaklanjuti visi prodi Sarjana Keperawatan pada tiap semester prodi Sarjana Keperawatan selau melaksanakan update keilmuan terkait dengan Disaster Management. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Kuliah pakar terkait dengan disaster management dengan tema Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) Dalam Menghadapi Covid 19  Di Era New Normal yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 25 Agustus 2020.

 

Kuliah pakar ini dlaksanakan dengan metode daring yang dihadiri oleh semua dosen dari prodi Sarjana Keperawatan  dan seluruh mahasiswa prodi Sarjana Keperawatan dari semester 2,4 dan 6 sebanyak kurang lebih 450 mahasiswa. Pembicara pada kuliah pakar ini adalah bapak Sumanto S.Kep., Ns., M.Kes. Beliau merupakan Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana MDMC Kota Surakarta dengan banyak sekali pengalaman dalam bidang kebencanaan terutama dalam menghadapi COVID 19 di Era New Normal.

    

Pemilihan tema ini dilatar belakangi oleh kejadian COVID 19 sebaga bencana nasional di Indonesia. Penyebaran COVID 19 di Indonesia mencapai 200 ribu jiwa. Jumlah ini terjadi hanya dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun. Keadaan ini sangat mempengaruhi ehidupan masyarakat di Indonesia terutama dari segi kesehatan, ekonomi dan social. Masyarakat diwajibkan memenuhi beberapa protokol kesehatan yang ketat serta melakukan isolasi mandiri selama beberapa waktu di rumah masing-masing. Semua sektor berperan dalam menghadapi kondisi ini termasuk lembaga penanggulangan bencana agar pandemic ini segera berakhir. Surakarta merupakan daerah dengan zona merah persebaran COVID 19. Untuk menghadapi kondisi ini semua lembaga penanggulangan bencana di tuntut untuk tanggap, sigap, cepat dan tepat dalam membantu menurunkan persebaran virus ini.  Mahasiswa keperawatan perlu sekali untuk mengetahui apa saja peran lembaga penanggulangan bencana terutama penanggulangan dari aspek kesehatan dalam membantu percepatan penanganan persebaran COVID 19. Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang tugas dan wewenang lembaga penanggulangan bencana dalam menghadapi COVID 19 terutama pada era new normal.

  

Kegiatan kuliah pakar dimulai dengan pembukaan oleh Ketua program studi Sarjana keperawatan Ibu Anjar Nurrohmah, M.Kep. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah pakar dengan narasumber Bapak Sumanto, S.Kep., Ns., M.Kep yang di moderatori oleh Bapak Fida’ Husain, M.Kep.

Bapak Sumanto, S.Kep., Ns., M.Kep menyebutkan bahwa situasi darurat seperti COVID 19 merupakan kejadian yang mendadak, tidak diperkirakan sebelumnya, umumnya membahayakan dan menuntut aksi pertolongan sesegera mungkin. Peran lembaga penanggulangan bencana yang telah dilaksanakan selama masa pandemic antara lain pendistribusian APD Medis untuk tenaga kesehatan yang terjun langsung menangani pasien terkonfirmasi positif COVID 19, pendistribusian hand sanitizer di beberapa lokasi tempat umum, pendistribusian beberapa bantuan untuk guru, pemberian masker dan penyemprotan di beberapa daerah yang penduduknya udah terkonfirmasi positif COVID 19 dan lain sebagainya.

Sebagai penutup dari kegiatan kuliah pakar ini dilakukan serah terima penghargaan berupa sertifikat kuliah pakar kepada narasumber bapak Sumanto, S.Kep., Ns., M.Kep. Sertifikat diserahkan  oleh Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan Ibu Anjar Nurrohmah, M.Kep.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Seberapa Efektifkah Pencegahan COVID-19 Di Indonesia menurut anda ?
  Sangat Efektif
  Cukup Efektif
  Efektif
  Tidak Efektif
  Sangat Tidak Efektif

Komentar Terakhir

  • penggunaan clodi

    selamat malam dan selamat beristirahat untuk semuanya. salam kenal dari kami. grosir ...

    View Article
  • pemakaian clodi

    Banyak sekali yang suka dengan situs Anda... keren poll! ...

    View Article
  • Mustaja eka prasetya

    Baik ...

    View Article
  • peluang usaha grosir baju murah

    Infonya kami terima kawan... Makacih ya.. :) ...

    View Article