LLDIKTI 6 Selenggarakan Asistensi Penyusunan PKM 5 Bidang bagi PTS

By Administrators 12 Mar 2021, 15:39:05 WIBKemahasiswaan

LLDIKTI 6 Selenggarakan Asistensi Penyusunan PKM 5 Bidang bagi PTS

Keterangan Gambar :


Surakarta - Sebagai salah satu wujud implementasi program pendidikan yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah mengadakan kegiatan Asistensi Penyususnan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 Bidang bagi Dosen Pendamping Perguruan Tinggi Swasta di Lingkungan LLDIKTI Wilayah VI Tahun 2021, pada 10 Maret 2021. Kegiatan tersebut diadakan guna mendorong pengusulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) di Lingkungan Perguruan Tinggai Swasta. Perlu kita ketahui bersama bahwa PKM sendiri merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia, dalam rangka memfasilitasi setiap minat dan potensi yang dimiliki oleh mahasiswa-mahasiswa Indonesia guna mengembangkan, meningkatkan, dan mengaplikasikan ilmu yang telah didalaminya di perkuliahaan untuk penerapannya dalam kehidupan masyarakat.

  

Kegiatan yang diselenggarakan secara luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) tersebut mengambil bahasan utama yakni 5 sub-program PKM diantaranya : PKM-Penelitian (PKMP), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), dan PKM-Penulisan Artikel Ilmiah (PKM-I). Kegiatan luring diselenggarakan secara tatap muka di Gedung Aula Siti Rufaidah Universitas ‘Aisyiyah Surakarta dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara sangat ketat. Acara luring dihadiri maksimal 30 peserta yang merupakan dosen dari berbagai perguruan tinggi swasta yang berada dibawah naungan LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. Sedangkan pada acara daring, dilangsungkan melalui media Zoom dengan kapasitas maksimum mencapai 500 peserta dan tercatat kurang lebih 100 peserta. Para peserta yang tergabung dalam kegiatan tersebut secara luring sebelumnya telah memenuhi berbagai persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia, seperti membawa draft proposal PKM mahasiswa yang akan dibimbing, laptop, surat tugas dari pimpinan PT, dan wajib datang dalam kondisi sehat, menjaga kebersihan, serta menggunakan masker selama kegiatan berlangsung.

  

Asistensi PKM tersebut dimulai pada pukul 08.30 WIB yang diawali dengan registrasi dari peserta. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh perwakilan dari LLDIKTI Wilayah VI. Selanjutnya adalah sambutan pengantar dan gambaran singkat PKM 5 Bidang oleh Rektor Universitas Aisyiyah Surakarta, Riyani Wulandari, S.Kep.,Ns.,M.Kep. Memasuki acara inti pada pukul 09.30 WIB, dimulai dengan pemaparan tentang Kebijakan dan Ketentuan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2021 yang disampaikan oleh Bp. Ipang Djunarko, S.Si.,M.Sc.,Apt. beliau merupakan dosen dari Fakultas Farmasi Universitas Sanatha Dharma Yogyakarta. Kemudian pemateri kedua adalah Dr. Tri Wikaningrum, S.E.,M.Si. yang memaparkan pembahasan mengenai Teknis Penyususnan dan Pendampingan PKM 5 Bidang. Pukul 13.30 WIB acara dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab bersama pemateri dan para peserta yang hadir dalam acara tersebut baik luring maupun daring. Acara berjalan dengan lancar dan selesai pada pukul 15.15 WIB.

  

Harapan dari terselenggaranya kegiatan tersebut ialah para dosen yang telah mendapat tugas menjadi pendamping PKM di perguruan tinggi swasta mampu memberikan pendampingan, ilmu, serta motivasi terbaik kepada mahasiswanya dalam penyusunan proposal maupun artikel PKM yang kreatif, teratur, sistematis, dan kompetitif sehingga dapat mewujudkan program kreatifitas mahasiswa yang baik dan unggul tidak hanya untuk lingkungan akademisi tetapi juga bagi penerapannya dalam kehidupan masyarakat luas.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Seberapa Efektifkah Pencegahan COVID-19 Di Indonesia menurut anda ?
  Sangat Efektif
  Cukup Efektif
  Efektif
  Tidak Efektif
  Sangat Tidak Efektif

Komentar Terakhir

  • foto biodata

    cara pandang islam dalam melihat segala hal ...

    View Article
  • status fb

    Sebagai bentuk rasa kepedulian dan kemanusian ...

    View Article
  • drop ship

    I am regular reader, how are you everybody? This post posted at this website is ...

    View Article
  • Blaine

    If some one desires to be updated with most recent technologies after that he must ...

    View Article