Talkshow Spesial IMP S1 Keperawatan bersama Dokter Spesialis Kejiwaan

By Administrators 12 Mar 2021, 16:00:40 WIBKemahasiswaan

Talkshow Spesial IMP S1 Keperawatan bersama Dokter Spesialis Kejiwaan

Keterangan Gambar :


Surakarta - Organisasi Ikatan Mahasiswa Prodi (IMP) Sarjana Keperawatan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta mengadakan Kegiatan Talkshow dengan judul “ BIAS (Bincang Asik) Mangement of Coping Stress due to Online Learning for Students, in the Pandemic Era”.

Tujuan dari diselenggaakan acara ini yaitu untuk mengelola stres dan berusaha untuk mengatasi dan mengurangi keadaan yang membebani para mahasiswa dalam pembelajaran daring di era pandemi ini. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 06 Maret 2021 pukul 08.30 WIB s/d selesai, kegaiatan  dilaksanakan secara daring melalui Aplikasi Zoom Video dan Live Youtube.

  

Acara ini dimulai dan dibuka oleh moderator tepat pada pukul 08.45, yang selanjutnya dilakukan sambutan oleh ketua pelaksana saudara Fajar Nur Halimah, lalu dilanjutkan sambutan oleh ketua prodi Sarjana Keperawatan Ibu Anjar Nurrohmah, S.Kep, Ns.M.Kep,

Adapun pemateri pada Talkshow ini adalah Dr. Nurulita Tunjung Sari, Sp.KJ, Dokter spesialis kejiwaan yang sekarang bertempat tinggal di Lampung. Menurut dokter Nurulita Tunjung Sari, Stress banyak dialami oleh mahasiswa atau mirid selama pandemi ini disebabkan pembelajaran daring di era pandemi. Stress dapat terjadi karena adanya  trouble, seperti terkendala sinyal, cara pembelajaran yang kurang efektif, kurang intensif dalam pembelajaran karena tidak dapat berinteraksi secara langsung, dan membutuhkan kuota banyak. Stress dapat diatasi dengan mekanisme pertahanan jiwa yang meliputi supresi, alturisme, suplimasi, antisipasi dan humor. Mahasiswa dapat melakukan beberapa cara untuk mengelola stress dengan cara konsentrasi, fokus, semangat belajar, istirahat yang cukup, self talk, manajemen waktu yang baik. Selain itu, kita sebgai mahasiswa juga harus bisa mengelola schedule belajar dengan baik, mempunyai support sistem yang bagus, olahraga rutin, komsumsi air yang cukup dan pola makan yang sehat. Dengan pola hidup yang sehat maka proses belajar akan berkonsentrasi dan mudah diserap.

Talkshow ini dikuti kurang lebih 376 peserta yang pesertanya adalah semua mahasiswa Unversitas Aisyiyah Surakarta, dan diikuti juga oleh beberapa dosen. Para peserta cukup antusias mengikuti paparan yang diberikan oleh pemateri ini. Peserta pada talkshow ini terdiri dari berbagai kalangan baik dosen, mahasiswa. Kegiatan talkshow ini dapat mencoba memberikan solusi dalam mengurangi kecemasan dalam menghadapi stres belajar secara online pada masa pandemi ini. Pengelolaan stres harus terus dilakukan baik oleh baik mahasiswa,dosen dan orang tua pun harus mempunyai kemampuan dalam ikut membantu pengelolaan terhadap stres yang dialami oleh siswa ataupun mahasiswa. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat membantu mengurangi permasalahan yang ditimbulkan oleh pandemi covid-19. Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan pencerahan terhadap permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran daring selama covid-19.

Acara ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang antara peserta dan narasumber, peserta sangat berantusis bertanya kepada narasumber, dan selanjutnya dibacakan kesimpulan oleh moderator. Semoga acara ini bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang mengikutinya.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Seberapa Efektifkah Pencegahan COVID-19 Di Indonesia menurut anda ?
  Sangat Efektif
  Cukup Efektif
  Efektif
  Tidak Efektif
  Sangat Tidak Efektif

Komentar Terakhir

  • foto biodata

    cara pandang islam dalam melihat segala hal ...

    View Article
  • status fb

    Sebagai bentuk rasa kepedulian dan kemanusian ...

    View Article
  • drop ship

    I am regular reader, how are you everybody? This post posted at this website is ...

    View Article
  • Blaine

    If some one desires to be updated with most recent technologies after that he must ...

    View Article