Post

BTCLS Profesi Ners Universitas Aisyiyah Surakarta Tahun 2021

25 Oktober 2021

BTCLS Profesi Ners Universitas Aisyiyah Surakarta Tahun 2021

Kegiatan BTCLS Profesi Ners Tahun 2021

Surakarta - Program Pendidikan Profesi Ners sebagai salah satu program studi di lingkungan Fakultas Ilmu Kesehatan mempunyai visi menghasilkan Ners yang unggul, Islami dan berakhlak mulia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan bekal ketrampilan untuk lulusan dari Program Ners, diantaranya dengan meneyelenggarakan pelatihan BTCLS (Basic Trauma and Cardiac Live Support)  Ners tahun 2021. Pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya memberikan bekal kepada mahasiswa dalam praktek klinik terutama keperawatan gawatdarurat dan kebencanaan

Pelaksanaan pelatihan BTCLS oleh prodi Ners tahun 2021 bekerjasaam dengan Medical Service Training (MST)119. Kegiatan pelatiahan diselenggarakan selama 2 periode kegiatan. Periode 1 pelatihan berlangsung dari mulai tanggal 6-10 Oktober 2021 dan Periode 2 dialksanakan pada tanggal 13-17 Oktober 2021. Total peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini ada 126 Peserta yang terdiri dari mahasiswa dan juga Clinical instructur (CI) Prodi Ners.

Mengingat situasi saat ini yang masih pandemi, kegiatan pelatihan dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan, maka kegiatan dilaksanakan dengan 2 metode. Metode daring untuk pemberian materi serta metode luring untuk skill stase, evaluasi stase serta simulasi disaster management.  Peserta BTCLS  mengikuti kegiatan dengan menggunakan metode daring yang dilakukan selama 3 hari serta 2 hari sisanya dengan menggunkan metode luring. Pelaksanaan kegiatan daring dengan menggunakan zoom meeting sedangkan kegiatan luring diselenggarakan di kampus 1 Universitas Aisyiyah Surakarta.

Pelaksanaan kegaiatan pelatihan BTCLS dimulai dengan kegaiatan pembukaan oleh dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Surakarta dan dilanjutkan dengan proses pre-test. Kegaiatan selanjutnya adalah pemeparan dan pemberian teori yang dilaksanakn selama 3 hari dan kemudian berlanjut dengan pelatihan dan praktik skill stase dengan didampingi instruktur dari tim MST 119. Kegiatan skill stase yang ada meliputi initial assessment, intubasi dan air way management, Code Blue, Balut Badai dan evakuasi, EKG, RJP, dan diakhiri dengan proses simulasi dalam bencana. Kegiatan diakhiri dengan penutupan acara pelatiahan oleh dekan Fakultas Ilmu Kesehatan serta pemberian seertifikat dan penghargaan untuk peserta terbaik untuk tiap periodenya.

 



Tags:

Akademik