Post

Online Summer School Program 2021 bersama Mahasiswa IC-UTK

25 Oktober 2021

Online Summer School Program 2021 bersama Mahasiswa IC-UTK

International Online Summer School Universitas Aisyiyah Surakarta 2021

Surakarta - Setelah sukses pada kegiatan pertukaran pelajar online (outbound students) edisi pertama yang digelar pada Juli 2021 yang lalu, Universitas ‘Aisyiyah Surakarta kembali mensukseskan kegiatan pembelajaran internasional berbasis online edisi yang kedua. Pada kesempatan kali ini Universitas ‘Aisyiyah Surakarta berhasil menyelesaikan serangkaian program pembelajaran internasional yakni Intenational Summer School Program dengan mengundang 40 mahasiswa (inbound students) dari kampus International College-Rajamangala University of Technology Krungthep (IC-UTK) Thailand. Kegiatan summer school atau perkuliahan singkat musim panas tersebut digelar pada periode tanggal 2 Agustus hingga 1 Oktober 2021 atau berlansung selama kurang lebih 3 (tiga) bulan lamanya. Sementara itu kegiatan tersebut dilangsungkan secara virtual/online melalui media online Dingtalk apps. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 40 mahasiswa-mahasiswi pilihan dari IC-UTK yang tidak hanya berasal dari Thailand tetapi juga dari negara-negara lainnya di kawasan Asia. Sementara itu para mahasiswa tersebut juga dibimbing oleh dosen-dosen terpilih dari Universitas ‘Aisyiyah Surakarta selama kegiatan online summer school yang berlangsung dalam 9 kali pertemuan atau 1 kali seminggu dalam 3 bulan.

Online Summer School Program Universitas ‘Aisyiyah Surakarta tersebut merupakan kegiatan pembelajaran secara singkat yang pada kesempatan kali ini mengambil tema “Business, Health, and Technology”. Sedangkan untuk platform atau media yang digunakan sebagai kegiatan online summer school adalah Media Dingtalk App. Aplikasi tersebut masih digunakan sebagai media pembelajaran utama dalam kegiatan online internasional bersama kampus dari Thailand, mengingat penggunaan aplikasi zoom tidak begitu relevan untuk pembelajaran online khususnya di IC-UTK terlebih lagi penggunaan zoom tidak dapat digunakan secara gratis bagi mahasiswa yang berasal dari China. Terdapat 40 mahasiswa dari IC-UTK yang berasal dari negara-negara disekitar Thailand, seperti Kamboja, Taiwan, dan China. Serta terdapat 8 (delapan) dosen pengajar kompeten dan professional yang mewakili 8 program studi di Universitas Aisyiyah Surakarta dalam mengampu perkuliahan summer school program kepada para mahasiswa IC-UTK, diantaranya: Siska Ningtyas Prabasari, M.Sc dari Prodi Kebidanan, Ita Permatahati, M.Kom dari Prodi Sistem dan Teknologi Informasi, Belligo Agra M.Sc dari Prodi Kewirausahaan, Rizki Agustin Purwaningtyas, M.Kep dari Prodi Sarjana Keperawatan, Aulia Uswatun K, MM dari Prodi Manajemen Retail, Winda Azmi Meisari, M.Ars dari Prodi Administrasi Rumah Sakit, Dea Linia Romadhoni, S.Fis, MKM dari Prodi Fisioterapi, dan Tifanny Gita Sesaria, M.Kep dari Keperawatan.

Adapun rangkaian kegiatan online summer school yang berlangsung selama 9 (sembilan) kali pertemuan secara online tersebut dimulai pada 2 Agustus 2021 dengan upacara pembukaan (opening ceremony) dengan perkenalan antar insitusi, dosen pengajar, dan 40 mahasiswa IC-UTK. Serta dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Universitas ‘Aisyiyah Surakarta dengan IC-UTK Thailand sebagai dokumen tertulis wujud nyata atas terlaksananya kegiatan summer school tersebut. Kemudian pada tanggal 9 Agustus 2021 berlangsung pertemuan kuliah online summer school yang pertama. Kemudian pada pertemuan ke-2 hingga ke-9 para mahasiswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran online dengan para dosen yang telah ditentukan jadwal pertemuannya. Pada hari terakhir yaitu Jumat, 1 Oktober 2021 kegiatan online summer school akhirnya ditutup dengan pertemuan kelas terakhir dan dilanjutkan upacara penutupan (closing ceremony).

Rektor Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Riyani Wulandari, S.Kep.,Ns.,M.Kep dalam sambutannya pada acara opening ceremony kegiatan summer school tersebut mengatakan bahwa kesempatan kegiatan kali ini merupakan kebanggaan tersendiri karena dapat merealisasikan wujud nyata dari kerjasama antara Rajamangala University dengan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta yang telah terjalin selama ini. Lanjutnya, beliau berharap diantara kedua institusi dapat terus bersinergi dan menindaklanjuti kerjasama tersebut dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan, pengetahuan, dan teknologi secara berkelanjutan.

Melalui kegiatan summer school program diharapkan akan memberikan banyak manfaat positif selain bagi pengembangan dan peningkatan kualitas institusi tetapi juga kepada para mahasiswa yang telah aktif mengikuti kegiatan tersebut. Summer school menjadi salah satu media pendidikan yang dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendalami berbagai bidang ilmu baru yang selama ini tidak diajarkan di kampus mereka sehingga mereka akan mendapatkan bekal dunia internasional yang sangat baik untuk memasuki dunia kerja di masa mendatang. Selain itu juga akan memberikan tambahan point pada prestasi maupun pengalaman individu untuk menghadapi persaingan global serta dapat memperluas kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja kedepannya.



Tags:

Akademik