Post

Pengajian Besar Universitas Aisyiyah Surakarta Maret 2020

30 Maret 2021

Pengajian Besar Universitas Aisyiyah Surakarta Maret 2020

Pengajian Universitas

Surakarta – Pengajian Besar Universtas Aisyiyah Surakarta Edisi Sabtu, 27 Maret 2021 dengan tema “Aplikasi manhaj tarjih bagi warga Muhammadiyah-Aisyiyah” bersama Pusat Pengkajian dan Pengembangan Studi Islam (P3SI) Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Pengajian yang berlangsung secara virtual tersebut menghadirkan 2 pembicara yakni Bp. Joko Santosa, M.Ag dan Bp. Imron Rosyadi, M.Ag.

Kesempatan pertama dalam pembukaan pengajian dibuka dengan sambutan dari Ketua P3SI Universitas Aisyiyah Surakarta, Ibu Maryatun, M.Kes. Beliau menyampaikan visi dan misi dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Studi Islam. Selanjutnya memasuki acara inti yakni pemaparan materi pertama dari Bp. Imron Rosyadi, M.Ag. yang menyampaikan materi diantaranya tentang komitmen setiap warga Muhammadiyah-Aisyiyah untuk selalu berpegang teguh kepada Al Qur’an dan Sunnah, serta beramal dan berusaha dengan sungguh-sungguh sebagai bagian dari amal usaha gerakan Muhammadiyah. Tidak mudah dalam membangun komitmen tersebut, karena komitmen dan kesungguh-sungguhan dibangun secara bertahap dan berproses. Ada 13 komitmen yang harus dimiliki oleh setiap warga Muhammadiyah-Aisyiyah diantaranya.

Pertama, Bekerja harus ikhlas. Kedua, Menjalankan fungsi ibadah dan kekholifahan. Ketiga, amal dan jihad fisabilillah bahwa Muhammadiyah sebagai ikhtiar perjuangan guna mewujudkan masyarakat islam yang sebenar-benarnya. Keempat, konsisten dalam berkhidmat, bahwa bermuhammadiyah itu tidak ringan tetapi harus ada pengorbanan. Kelima, berpaham agama sesuai paham islam dalam bermuhammadiyah. Keenam, harus berideologi muhammadiyah. Ketujuh, memperkokoh sistem gerakan dakwah amal makruf nahi munkar dan gerakan tajdid. Kedelapan, mengembangkan wawasan. Kesembilan, taat kepada asas dan keputusan organisasi Muhammadiyah. Kesepuluh, musyawarah. Kesebelas, mengemban amanat dan pelaku gerakan Muhammadiyah. Keduabelas memajukan gerakan muhammadiyah. Dan terakhir adalah berkiprah dalam memajukan umat dan sosial kemanusiaan.

Pemateri berikutnya adalah Bp. Joko Santoso, M.Ag. yang menyampaikan materi tentang jihad di jalan Allah SWT, bagaimana mempersiapkan segala sesuatu sebelum dimulai agar semua dapat diperhitungkan dengan matang dan sungguh-sungguh agar bisa mencapai hasil yang maksimal serta diridhoi oleh Allah SWT. Sesi terakhir pada kegiatan pengajian besar Universitas ‘Aisyiyah Surakarta ditutup dengan tanya jawab dari bapak-ibu dosen dan karyawan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta.



Tags:

Pengajian Universitas