Post

Pengajian Besar Universitas Aisyiyah Surakarta November 2020

12 Desember 2020

Pengajian Besar Universitas Aisyiyah Surakarta November 2020

Pengajian Besar

Dengan semangat Milad Muhammadiyah ke-108, Universitas Aisyiyah Surakarta menggelar agenda pengajian besar disetiap bulannya. Pada kesempatan kali ini, pengajian besar dilangsungkan pada Sabtu, 28 November 2020 secara online via zoom, mengingat kondisi pandemi covid yang belum berakhir dan harus senantiasa berpedoman pada protokol kesehatan, seperti menjaga jarak dan tidak berkerumun. Pengajian besar ini dihadiri oleh seluruh keluarga besar civitas akademika Universitas Aisyiyah Surakarta dalam ruang zoom dengan pembicara Ibu Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. yang merupakan Kepala Bagian (Kabag) Kaderisasi dan Dakwah Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dalam pengajian tersebut mengambil materi "Meneguhkan Semangat Ber-Muhammadiyah: Membangun Kebersamaan dan Meraih Kemajuan dalam Rangka Milad Muhammadiyah ke-108".

Beberapa ayat sebagai instisari dan motivasi dari pembicara dalam pengajian besar dengan tema semangat ber-Muhammadiyah pada kesempatan tersebut antara lain :

•إِنْ أَحْسَنتُمْ أَحْسَنتُمْ لِأَنفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ

Artinya: “Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri” (QS. Al-Isra’ (17): 7)

•ثُمَّ أَوْرَثْنَا ٱلْكِتَٰبَ ٱلَّذِينَ ٱصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا ۖ فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِۦ وَمِنْهُم مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌۢ بِٱلْخَيْرَٰتِ بِإِذْنِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَضْلُ ٱلْكَبِيرُ

Artinya: “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar” (QS. Fathir (35): 32)

•ٱنفِرُوا۟ خِفَافًا وَثِقَالًا وَجَٰهِدُوا۟ بِأَمْوَٰلِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: “Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui” (QS. At-Taubah (9): 41)

Kegiatan pengajian besar ini digelar dalam rangka memaknai milad Muhammadiyah yang ke-108. Dengan adanya berbagai kegiatan kemuhammadiyahan sebagai bagian dari peringatan milad ini semoga semangat dalam bermuhammadiyah senantiasa ada di dalam diri kita karena gerakan Muhammadiyah adalah organisasi yang bermanfaat, Ihsan, dan Ikhlas dalam beramal. Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Aamiin.



Tags:

Kampus