Post

Universitas Aisyiyah Surakarta Sukses Gelar Online Short Course 2021 Dengan IC-UTK Thailand

19 November 2021

Universitas Aisyiyah Surakarta Sukses Gelar Online Short Course 2021 Dengan IC-UTK Thailand

Online Short Course bersama IC-UTK Thailand

Universitas ‘Aisyiyah Surakarta untuk pertama kalinya telah sukses menggelar salah satu kegiatan pembelajaran internasional berbasis online. Pada kesempatan kali ini Aiska University berhasil menyelesaikan serangkaian program pembelajaran internasional yakni Intenational Short Course Program bersama International College-Rajamangala University of Technology Krungthep (IC-UTK) Thailand. Kegiatan short course atau perkuliahan singkat tersebut digelar pada periode tanggal 12 hingga 30 Juli 2021 secara virtual/online melalui media online Dingtalk apps. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 15 (lima belas) mahasiswa-mahasiswa pilihan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta dari tiga fakultas berbeda yakni Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK), Fakultas Bisnis dan Ekonomi (FBE), da Fakultas Sains dan Teknologi Informasi (FST). Sementara itu para mahasiswa tersebut juga didampingi oleh dosen-dosen pembimbing dari Universitas ‘Aisyiyah Surakarta untuk membantu dan memonitor keikutsertaan para mahasiswanya.


Kegiatan short course tersebut merupakan kegiatan akademik singkat yang menitikberatkan pada pembelajaran online pada empat bidang ilmu berbeda yang dirangkum secara komprehensif dan terjadwal dalam waktu kurang lebih 9 (sembilan) kali pertemuan tatap muka. Bidang ilmu yang dipelajari oleh mahasiswa diantaranya Budaya (Culture), Ekonomi (Economic), Ilmu Pengetahuan (Science) dan Teknologi (Technology). Sedangkan dari pihak IC-UTK Thailand menyediakan program aplikasi Dingtalk sebagai aplikasi tatap muka online selain zoom, mengingat penggunaan aplikasi zoom tidak begitu relevan untuk pembelajaran online khususnya di IC-UTK. Serta terdapat 5 (lima) dosen pengajar dari IC-UTK yang berasal dari berbagai negara tetangga di Asia Tenggara yang kompeten dan profesional dalam mengampu perkuliahan short course kepada para mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Surakarta.


Adapun rangkaian kegiatan short course yang berlangsung selama 9 (sembilan) kali pertemuan online tersebut dimulai pada Senin, 12 Juli 2021 dengan upacara pembukaan (opening ceremony) dengan perkenalan antar insitusi, dosen pengajar, dan 15 mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Surakarta. Serta dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Universitas ‘Aisyiyah Surakarta dengan IC-UTK Thailand sebagai dokumen tertulis wujud nyata atas terlaksananya kegiatan short course tersebut. Kemudian pada pertemuan ke-2 hingga ke-9 para mahasiswa aktif mengikuti kegiatan pembelajaran online dengan para dosen yang telah ditentukan jadwal pertemuannya. Pada hari terakhir yakni Jumat, 30 Juli 2021 kegiatan short course ditutup dengan upacara pembukaan (closing ceremony).

Rektor Universitas ‘Aisyiyah Surakarta, Riyani Wulandari, S.Kep.,Ns.,M.Kep dalam sambutannya pada acara opening ceremony kegiatan short course tersebut mengatakan bahwa kesempatan kegiatan kali ini merupakan kebanggaan tersendiri karena dapat merealisasikan wujud nyata dari kerjasama antara Rajamangala University dengan Universitas ‘Aisyiyah Surakarta yang telah terjalin selama ini. Lanjutnya, beliau berharap diantara kedua institusi dapat terus bersinergi dan menindaklanjuti kerjasama tersebut dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi kemajuan pendidikan, pengetahuan, dan teknologi secara berkelanjutan.


Melalui kegiatan short course diharapkan akan memberikan banyak manfaat positif selain bagi institusi tetapi juga kepada para mahasiswa yang telah aktif mengikuti kegiatan tersebut. Short course menjadi salah satu media pendidikan yang dapat memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk mendalami berbagai bidang ilmu baru yang selama ini tidak diajarkan di kampus mereka. Selain itu juga akan memberikan tambahan point pada prestasi maupun pengalaman individu untuk menghadapi persaingan global serta dapat memperluas kemampuan mahasiswa dalam menghadapi tantangan di dunia kerja kedepannya.






Tags:

Akademik, Kemahasiswaan, Kampus